Apa beda Nabi dan Rasul ?

Waktu sekolah dulu saat pelajaran Agama Islam, kita sering diberi tahu perbedaan antara Nabi dan Rasul itu adalah Nabi mendapatkan wahyu untuk dirinya sendiri [tidak wajib disampaikan] sedangkan Rasul mendapatkan wahyu dan wajib menyampaikan kepada umatnya. [Kurang lebih seperti itu].

Satu hal yang agak mengganggu pemikiran kita adalah masalah tidak wajibnya seorang Nabi menyampaikan wahyu dari Allah kepada umatnya, padahal dakwah merupakan kewajiban.

Baru-baru ini saya membuka buku berjudul Para Rasul dan Risalahnya karang Sulaiman Al Asyqar yang diterbitkan oleh Pustaka Mantiq. Pada saat membahas perbedaan antara Nabi dan Rasul ia mengatakan bahwa meyampaikan isi wahyu adalah kewajiban, perbedaan antara Nabi dan Rasul terletak pada hal berikut ; Seorang Nabi mendapatkan wahyu dan melanjutkan syari’at yang diturunkan kepada Rasul sebelumnya, sedangkan seorang Rasul mendapatkan wahyu dan menerima syari’at baru. Wallahu a’lam.

5 thoughts on “Apa beda Nabi dan Rasul ?

  1. Aslmkm. Wr. Wbr. Ana ingn mnmbhkn dfnsi prbdaan nbi & rsl. Klo nbi slain mndptkn whyu dri Allh utk sndri & mnrmnya atau mlnjtkn syri’at rsl sblmnya dia jga hrs mnympaikn utk mmprbaiki kaumnya sdgkn rsl slain mndptkn whyu dia brkwjbn mnympaikn utk umtny

  2. Setiap Nabi sudah pasti utusan Allah /rasul Allah, namun tidak setiap rasul Allah adalah nabi. Ingat Malaikat juga disebut sebagai rasul.

    Nabi menerima kitab untuk memberi peringatan dan memberi keputusan perkara manusia sedang tugas rasul adalah meneruskan tugas kenabian

    mari kita lihat terjemahan DEPAG berikut pada :

    surah Al-Baqarah surah 213 : Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan

    surah Ali-Imran surah 81: Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: “Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya

    • Mungkin perlu dipertegas antara perbedaan antara makna bahasa dengan makna istilah. Malaikat bisa saja disebut sebagai rasul atau utusan, dalam konteks makna bahasa. Tetapi Rasul sebagai utusan Allah dari kalangan manusia yang menerima wahyu, adalah makna istilah yang sudah dibatasi. Sama halnya dengan makna sholat, yang secara bahasa berarti doa. Tetapi sholat sudah mendapatkan makna istilah yang definitif sebagaimana yang kita kenali. Wallahu a’lam.

      • Betul mas, yang jelas makna yang sering beredar tidak tepat. yaitu “setiap rasul pasti nabi dan tidak setiap nabi adalah rasul”

        Dalam Quran amanah dari Allah kepada seseorang juga jelas, ada orang yang disebut nabi saja (Ishaq), rasul saja (Daud), nabi sekaligus rasul (Ismail, Isa, Muhammad).

        Betul seperti anda bilang, adalah mustahil seorang nabi yang nyata diberi kitab tidak untuk disampaikan, ini bertentangn dengan setidaknya al-baqarah:213

  3. Dear Budiman..
    – Surat 2/213 : Tugas Nabi menerima KITAB ( ketetapan) untuk menyelesaikan perselisihan…(berarti Nabi juga MENYAMPAIKAN)
    – Surat 22/75 : Rasul Allah terdiri dari Rasul Malaikat, Rasul Manusia
    – Surat 6/130 : kalangan Jin juga ada RASUL.
    (Rasul menurut Allah maknanya utusan) dan kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan ( surat 5/99 ). KESIMPULAN KAMI : NABI JUGA BERTINDAK SEBAGAI RASUL tetapi RASUL BELUM TENTU NABI (sebagai penerima KITAB).
    – Maka benar surat 33/40 : Muhammad sebagai Penutup Nabi dan Rasul ALLAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s