Dilema Kartini

Barangkali kata kunci yang bisa menjelaskan kisah Kartini adalah dilema. Problem yang dihadapi manusia dalam hidup tidak selalu bertipe konvergen [memilih antara merah atau hijau, yang bisa dijawab dengan sekadar ya atau tidak atau bisa dimodelkan dengan jawaban biner 1 atau 0]. Problem hidup banyak yang bertipe divergen [menyebar; terminologi konvergen dan divergen untuk persoalan bisa dilihat di Small is Beautiful-nya Schumacher]. Salah satu wujud permasalahan itu adalah menjawab sebuah dilema.

Membaca biografi Kartini yang ditulis oleh Elisabeth Keesing, Betapa Pun Besar Sebuah Sangkar; kita dibawa untuk memahami dilema-dilema yang dihadapi oleh Kartini. Sebutlah bagaimana ia mesti mengambil keputusan untuk menikah dengan Bupati Rembang yang telah memiliki tiga istri dan banyak anak, padahal di sisi lain ia sangat begitu anti dengan poligami, bahkan sempat berkata tidak akan jatuh cinta dengan cara seperti itu. Dilema kasih sayangnya kepada ayahnya; yang mengalami tekanan sosial dari kerabat dan teman-teman serta lingkungannya dan keinginak Kartini untuk melanjutkan pendidikan ke Belanda. Lihatlah dilema yang dihadapinya ketika berhadapan dengan orang-orang Belanda kawan korespondensinya yang dihormati dan dihargainya tetapi sebagiannya menentang keinginannya untuk pergi ke Belanda. Patut juga diungkapkan dilema tarikan adat dan kebebasan yang diperjuangkannya.

Masalah-masalah dilematis memang harus dijawab. Di sinilah pilihan berperan. Memilih berarti sadar akan resiko pilihan itu. Memilih untuk memecahkan dilema tidak selalu bisa memenangkan semua segi. Kadangkala harus ditanggung resiko deritanya. Butuh keberanian untuk itu semua. Pada puncak hidupnya barangkali Kartini merasakan kepasrahan pada Allah Yang Kuasa merupakan titik akhir untuk bersandar. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s