Apakah e-books menggantikan buku ?

E-book format digital sebuah buku. Bisakah e-book menggantikan fungsi sebuah buku ? Apakah sebuah dokumen digital, dalam format pdf misalnya, bisa menggantikan peran fisik sebuah buku ?

Terus terang berkali-kali saya membaca buku dalam format pdf atau microsoft-ebooks (.lit), saya tidak bisa berkonsentrasi penuh untuk memahami fokus gagasan yang ingin disampaikan. Bentuk digital, memang memudahkan kita untuk menyimpan banyak buku pada storage yang kecil. Tetapi, apakah format buku digital memudahkan kita untuk belajar ? Apalagi kalau formatnya adalah sekedar dokumen digital, sebuah copy paste dari buku aslinya. Masalah konsentrasi adalah masalah awal. Memandangi monitor, PC atau Laptop, sampai berjam-jam (atau minimal puluhan menit) membuat mata jadi perih. Konsentrasi jadi terganggu.

Buku lebih portable, bisa dibaca di mana pun. Tentu, dengan format yang sesuai. Buku saku bisa dibaca sambil naik kereta atau bus. Buku bisa dibaca sambil tidur-tiduran. Atau bahkan ketika di toilet. E-books mensyaratkan kita terpaku pada tools penampilnya, PC atau laptop atau yang lain. Gaya kita menyerap informasi berbeda-beda. Dengan e-books kita dipatok pada satu posisi saja.

Buku bisa dibolak-balik. Jika saya tidak mengerti alur gagasannya, saya bisa bolak-balik untuk menemukan koneksi, agar ‘nyambung’. Buku memberi saya perspektif luas dalam satu halaman atau dua halaman. Kebanyakan, dokumen digital menghendaki alur yang linier. Saya mesti tekan mouse untuk menggerakan halaman dari atas ke bawah. Gaya berpikir kita tidak selalu linear toh !.

Buku sebagai medium pembawa gagasan, bagi saya, masih belum tergantikan dengan medium e-books. Sebuah ungkapan yang pernah saya baca, “Medium menentukan pesan”. Medium teks membentuk gaya berpikir yang berbeda. Medium visual, televisi misalnya, membentuk gaya berpikir atau menstimulasi sisi berpikir yang berbeda. Ah…ini sekedar gumaman !🙂 Mungkin ada format e-book yang memudahkan otak kita memahami, kita tunggu saja !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s