Yahudi Deterministik

Pernah satu kali Eep Saefullah Fatah mengkritik pendekatan William Liddle dalam memahami permasalahan politik Indonesia yang berkembang sebagai pendekatan yang Soeharto Deterministik. Semuanya bergantung pada Soeharto, semua peristiwa politik (era orde baru) bisa dipulangkan pokoknya pada Soeharto. Tentu saja Liddle kemudian menanggapi kritikan Eep tersebut.

Pernah membaca buku Yahudi Menggenggam Dunia, karangan William G. Carr, yang diterbitkan edisi Indonesianya oleh Pustaka Al Kautsar ?. Kita bisa menyebut pendekatannya terhadap sejarah sebagai Yahudi deterministik. Semua kejadian atau peristiwa-peristiwa sejarah dunia; mulai dari Revolusi Perancis sampai dengan Revolusi Bolshevik (Revolusi Komunis Rusia) juga peristiwa perang-perang besar di dunia; semua disebabkan karena peran-peran orang Yahudi. Semuanya ada karena tingkah laku yahudi.

Pendekatan yahudi deterministik ini juga sering kali kita dengar ketika orang membicarakan kekacauan-kekacauan yang terjadi di dalam negeri. Indonesia mengalami krisis besar tahun 1998 tersebab pada yahudi. Peristiwa bom bali adalah rekayasa yahudi. Juga tentang peristiwa-peristiwa internasional, faktor yahudi menjadi determinan utama.

Dalam domain kemajuan ilmu pengetahuan, tokoh-tokoh yahudi banyak sekali memunculkan teori-teori yang mengguncang dunia. Sebutlah Einstein dengan teori relativitasnya. Darwin dengan teori evolusinya. Freud dengan psikoanalisanya. Durkheim dengan sosiologinya. Juga Marx dengan ide komunismenya. Terlepas bahwa kebanyakan mereka sudah tidak percaya lagi dengan agama mereka atau menjadi ateis atau sekedar nominal saja keberagamaannya; karena faktor yahudi itu mereka tampak merekayasa wajah dunia (pemikiran) sesuai dengan keinginan mereka.

Apakah memang yahudi begitu deterministik dalam menggenggam peristiwa-peristiwa dunia ? Sedemikiah digdaya-kah yahudi ? Muhammad Quthb, dalam Tafsir Islam Atas Realitas, mengkritik pendekatan yahudi deterministik ini. Bagi Qutb pendekatan yang yahudi deterministik terhadap peristiwa atau realitas tidak berlandaskan pada dalil yang valid. Pendekatan ini adalah pendekatan inferior. Berbahaya, karena cenderung mengecilkan peran kita untuk merubah peristiwa dan membesarkan kemampuan orang lain (yahudi) dan seolah-olah pengaruh mereka tidak bisa dipatahkan atau didobrak. Tafsir peristiwa yang yahudi deterministik adalah tafsir pesimis terhadap sejarah.

Apakah berarti yahudi tidak berperan apa-apa dalam peristiwa dunia ? Tentu menyatakan seperti ini juga simplifikasi. Adanya lobi yahudi internasional (di Amerika khususnya), sebagaimana ditulis dalam Mereka Berani Bicara, membuktikan peran-peran mereka. Diamnya Amerika dalam peristiwa-peristiwa terhadap Palestina, atau veto yang diberikannya terhadap resolusi-resolusi PBB terhadap Israel, adalah fakta-fakta yang mengkaitkan peran lobi-lobi yahudi dalam perpolitikan internasional Amerika. Jadi adanya peran mereka perlu kita ketahui dan waspadai. Tetapi bahwa peristiwa dideterminasi oleh mereka (yahudi) dan tidak bisa kita rubah atau tangkal adalah hal lain yang perlu kita luruskan.

Ada pertanyaan yang juga seringkali muncul, kenapa yahudi cerdas-cerdas ? Jawaban yang lazim diberikan adalah karena faktor keyahudian mereka, faktor ras mereka. Tentu saja ini adalah klaim yang sembrono. Karena dalam setiap ras pasti ada orang-orang jenius yang muncul. Masifnya kecerdasan umum mereka tidak terkait dengan faktor ras mereka. Muhammad Qutb, dalam buku yang sama, menjawab faktor utama masifnya tingkat kecerdasan yahudi adalah karena faktor sosial yaitu faktor minoritas-nya mereka dalam pergaulan sosial, bukan faktor ras. Kondisi minoritas membuat mereka mengembangkan sarana sosial yang efektif untuk bertahan, salah satunya adalah rasa keunggulan dan isu pendidikan yang menonjol dalam komunitas mereka. Posisi minoritas menghajatkan kompensasi dalam bentuk keunggulan-keunggulan lain. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s