[Studi Quran] Interaksi Dengan Al Qur’an Bagi Orang Awam (2)

Melanjutkan posting sebelumnya.

Bentuk interaksi selanjutnya yang perlu kita bangun terhadap Al Qur’an adalah dengan melakukan studi dan pemahaman.

(Studi dan Pemahaman)

Apakah penting bagi kita untuk memahami ?  Khurram Murad menjelaskan keberkahan dan kekayaan Quran semakin utuh didapatkan jika kita memahaminya. Quran datang sebagai petunjuk, pengingat dan obat. Ia bukan sakramen atau benda magis. Ia datang untuk merubah kita dan memimpin pada sebuah kehidupan baru. Mengerti bukan jaminan pasti untuk menemukan kehidupan baru, tetapi tanpanya tugas pemenuhan tujuan nyata dari Quran dan pengajakan manusia kepadanya menjadi sulit.

Apakah dengan status keawaman kita dari penguasaan ilmu-ilmu Al Qur’an kita memiliki hak untuk memahami, mengerti Al Qur’an ? Khurram Murad menjelaskan, pemahaman/pengertian (sebagaimana diungkapkan dalam Al Qur’an) memiliki dua kategori: tadzakkur dan tadabbur. Tadzakkur, berarti penerimaan peringatan, nasehat, menghafal, memperhatikan dan memasukkan ke dalam hati. Ia adalah proses   dimana kita mencoba menangkap pesan-pesan umum dan pengajaran yang dibawa Quran, untuk mendapatkan apa yang dimaksudkannya pada kita, apa yang diminta dari kita, mengambilnya ke dalam hati, memberikan respon hati, pikiran dan sikap, mendorong kemauan untuk bertindak dan menyebarkan pesan pada manusia lain. Dalam pengertian tadzakkur inilah Qur’an menyatakan ia dimudahkan untuk dimengerti. Sedangkan Tadabbur, merupakan proses penggalian yang lebih dalam dan penuh terhadap makna-makna ayat dan surat Al Qur’an. Menggali dan menganalisa kerumitan-kerumitan di dalamnya. Kategori pemahaman ini mensyaratkan penguasaan terhadap ilmu-ilmu Al Qur’an.

Apa sasarannya ? Bagi kita yang awam, tadzakkur adalah sasasaran utamanya, walaupun tidak menutup kemungkinan dengan melengkapi penguasaan ilmu-ilmu Al Qur’an.

Untuk memahami Al Qur’an diperlukan keperluan dasar. Beliau menyebutkan beberapa keperluan dasar itu :

  1. Bahasa Arab. Sulitkah menguasainya ? Beliau mengatakan menemukan buku dan guru yang tepat akan membantu kita dengan cepat untuk memahami bahasa Arab.
  2. Membaca seluruh Al Qur’an
  3. Membaca karya Tafsir Al Qur’an
  4. Membaca karya Tematis tentang Al Qur’an
  5. Membaca secara berulang-ulang
  6. Pikiran yang selalu bertanya

Beberapa prinsip berikut perlu diperhatikan untuk memahami Al Qur’an

  1. Mengerti sebagai kenyataan hidup. Setiap makna memiliki relevansi pada hari ini.
  2. Mengerti sebagai sebuah pesan untuk kita
  3. Mengerti sebagai bagian dari keseluruha
  4. Mengerti sebagai kesatuan teks yang konsisten
  5. Mengerti dengan partisipasi keseluruhan kepribadian kita, melibatkan keseluruhan pikiran, perasaan, hati dan akal.
  6. Mengerti apa Quran yang katakan pada kita, tidak mencari dukungan bagi opini pribadi kita.
  7. Tetap dalam konsesus umat
  8. Mengerti Quran dengan Quran
  9. Mengerti Quran dengan Hadist
  10. Mengerti Quran dari aspek bahasa
  11. Pengetahuan umum kadangkala membantu kita untuk memahami makna-makna ayat Al Qur’an

Studi terhadap Al Qur’an ini dapat dijalankan sebagai proses personal maupun kolektif (melalui kuliah, mendengarkan kajian dsb).

(Menghidupkan Al Qur’an)

Langkah interaksi selanjutnya adalah menghidupkan nilai-nilai Al Qur’an. Membaca Quran hanya akan memberi keuntungan sedikit bagi kita, kecuali bila kita mulai berubah dan merekonstruksi kehidupan kita dalam penyerahan tulus kepada Allah yang memberi kita Qur’an. Pada setiap halamannya Quran adalah undangan untuk menyerah, menerima, berubah dan bertindak. Pembacanya dikonfrontasikan untuk memutuskan dan bertanggungjawab terhadap dirinya.

Menghidupkan Al Qur’an berarti merekonstruksi kehidupan kita dengan nilai-nilai Al Qur’an. Makna selanjutnya adalah mendakwahkan Al Qur’an. Al Qur’an adalah kitab dakwah, sejak awal turunnya. Dengan memperjuangkan nilai-nilai Al Qur’an kita dapat memahami lebih jauh dan menjumpai kisah, karakter manusia, kebahagiaan yang disebutkan dalam Al Qur’an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s