Memimpin adalah Menderita

Leiden is lijden. Memimpin itu menderita. Sebuah ungkapan yang diucapkan oleh seorang pemimpin Masjumi dahulu, Mr. Kasman Singodimejo. Mr. Roem membuat karangan dengan judul “Memimpin adalah Menderita” untuk mengenang kepemimpinan H. Agus Salim dengan memulainya dengan kutipan ungkapan Mr. Kasman itu.

 

Sejarah kehidupan H. Agus Salim di masa pergerakan dan perjuangan kemerdekaan merupakan refleksi dari ungkapan itu. Salah seorang diplomat luar negeri mengungkapkan H. Agus Salim merupakan manusia yang hebat, kelemahannya cuma satu, ia miskin seumur hidupnya.

 

Tetapi ukuran menderita bagi seorang pemimpin tidak semata-mata pada deraan kemiskinan. Tetapi juga terletak pada hilangnya waktu yang dia habiskan bersama dengan keluarga dan orang dekatnya. Memimpin berarti menyerahkan sebagian besar waktunya untuk kepentingan orang lain (orang banyak). Karena memimpin terkait dengan visi, ini berarti waktunya akan habis untuk merealisasikan visi itu.

 

Tidak selalu sebuah visi dengan mudah direalisasikan. Ada saja hambatan yang mungkin dialami. Atau parahnya kadang ada salah sangka dari banyak orang terkait pilihan-pilihan yang diambil oleh seorang pemimpin. Disalahpahami orang lain merupakan derita sendiri bagi seorang pemimpin.

 

Memimpin berarti memutuskan. Banyak masalah dihadapi tapi bukan dalam modus biner, di mana hanya ada dua pilihan yang harus dipilih salah satu saja. Solusi yang dihadapi kadang terkait dengan mengompromikan dua pilihan. Atau memecahkan sebuah dilema, sebuah pilihan yang mungkin tidak didukung opini banyak orang tetapi mesti dipilih karena prinsip-prinsip yang diyakini dan diperjuangkan oleh pemimpin itu. Kesendirian dalam memikul resiko seperti ini merupakan derita pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s