Menegaskan Diri dan Kekakuan untuk Koreksi Diri

Pernahkan, saat belanja di Indomaret atau Alfamart, uang kembalian kita yang cuma 100 atau 200 rupiah itu apakah mau disumbangkan ? Apa yang kita lakukan ? Kadang-kadang saya menjawab, “Tidak”. Pernah sampai raut muka kasirnya kaget, karena suara jawaban yang rada keras. Apa sih susahnya menyumbangkan 100 atau 200 atau 300 rupiah saja ? Kadang-kadang saya merasa perlu belajar menyatakan “Tidak”, untuk menegaskan hak kita (asertif) atau memberi pemahaman agar orang lain menghormati hak kita atau merebut kembali hak (kita) yang dicederai orang lain (misalnya tanpa konfirmasi uang kembalian kita ternyata kurang 50 rupiah).

Menegaskan diri kadang memang sulit. Rasa tidak enak, sungkan sering menghalangi kita untuk menghalangi kata “Tidak” yang muncul dalam hati kita untuk kita ucapkan. Alih-alih, justru kita mengatakan “Ya”, walaupun dalam hati sebenarnya “Tidak”.

Anak-anak, jika dalam atmosfir yang tidak kondusif di rumah (bisa karena kita terlalu galak, menakutkan bagi mereka), biasanya lebih susah untuk menegaskan diri mereka. Mereka mungkin akan lebih banyak diam dibandingkan suka bertanya atau menolak klaim kita atas kebenaran. Misal, jawaban ulangan yang benar tapi disalahkan, jika anak tidak asertif biasanya ini adalah nasib yang diterima begitu saja, tanpa ada upaya untuk menyatakan atau merebut haknya yang dicederai. Tapi kalau anak sendiri sering dicederai haknya di rumah (sering merasakan ketidakadilan di rumah), apa bisa dia berkata “Tidak” jika dizalimi di luar sana.

Hal lain terkait sikap asertif adalah kerendah-hatian kita untuk menerima kebenaran dari orang lain. Kadang-kadang memang kita dalam posisi yang salah. Jadi bukan aib untuk mengoreksi tindakan kita. Tantangannya adalah tidak mudah untuk mengoreksi diri. Ada semacam rigiditas (kekakuan) untuk koreksi diri, karena melihat kebenaran dari orang lain semacam ancaman bagi otoritas diri kita atau senioritas kita atas orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s